Penyanyi dangdut Kristina hibur WNI di Kopenhagen

London (ANTARA) - Masyarakat dan diaspora Indonesia di Denmark tetap datang dan mengikuti upacara pengibaran bendera Merah Putih pada Sabtu di KBRI Kopenhagen untuk memperingati HUT ke-74 Kemerdekaan RI walaupun hujan turun cukup...

Penyanyi dangdut Kristina hibur WNI di Kopenhagen
London (ANTARA) - Masyarakat dan diaspora Indonesia di Denmark tetap datang dan mengikuti upacara pengibaran bendera Merah Putih pada Sabtu di KBRI Kopenhagen untuk memperingati HUT ke-74 Kemerdekaan RI walaupun hujan turun cukup deras sebelumnya. 

Sebagian dari mereka yang tinggal di daerah Jutland rela menempuh waktu sekitar 4 hingga 5 jam untuk ikut memeriahkan HUT RI. Tidak hanya mereka yang tinggal di Denmark, terdapat juga mereka yang tinggal di Kota Lund di perbatasan Swedia dan Denmark,  turut meramaikan. Sebagian besar dari mereka hadir dengan mengenakan pakaian daerah.

Berbeda dari tahun sebelumnya, perayaan Hari Kemerdekaan RI di Kopenhagen kali ini dimeriahkan penyanyi dangdut Kristina yang diundang untuk menghibur masyarakat Indonesia di Denmark.

Baca juga: Pendekar silat Denmark tampil memukau di Kota Horsens

Seusai pentas Kristina mengatakan untuk pertama kali ia menyanyi di Kopenhagen dan juga untuk pertama kali membawakan sejumlah lagu dangdut seperti “Sang Pujangga”, “Secawan Madu”, “Goyang Dumang”, “Terlena”, “Duren Sawit”, “Pacar 5 Langkah”, dan “Lagi Syantik” di depan masyarakat Indonesia di halaman KBRI Kopenhagen.

Dubes Ibnu Said, yang sebelumnya bertindak selaku pembicara upacara, dan Ny. Ari Sri Lestari juga ikut naik ke atas panggung melantunkan lagu “Jatuh Bangun”. Kristina juga memenuhi permintaan penonton menyanyikan lagu daerah asal mereka, seperti dari Sumatera Utara, Ambon, dan Manado, sebagai obat rindu akan kampung halaman.

“Saya senang sekali dan tadi sempat deg-degan di atas panggung. Terharu rasanya menyanyikan lagu dari kampung saya di Ambon,” ujar Linda, WNI asal Ambon yang menetap di Denmark selama 13 tahun.

Baca juga: Tari Alusi Au Pukau Warga Denmark

Masyarakat yang hadir pun melambaikan bendera Merah Putih ketika lagu ”Tanah Air” dan ”Indonesia Pusaka” dinyanyikan bersama-sama. Tidak hanya itu, Kristina juga memenuhi permintaan warga Denmark menyanyikan lagu ”To Love Somebody”.

Berbagai perlombaan seperti lomba bakiak, tarik tambang dan balap karung baik oleh anak-anak maupun dewasa. Tidak hanya WNI, warga Denmark yang merupakan "Friends of Indonesia" juga memeriahkan mengikuti perlombaan. Sejumlah alumni darmasiswa menyempatkan diri untuk menghadiri acara yang diadakan KBRI Kopenhagen.

“Kami sebagai alumni darmasiswa senang berada di sini. Walaupun cuaca tidak terlalu mendukung tapi semua berjalan lancar,” ujar Rasmus, salah seorang alumni..
 

Baca juga: Indonesia-Denmark jajaki kerja sama pendidikan sains

Atasi sampah Jakarta dengan Norwegia & Denmark

Pewarta: Zeynita Gibbons
Editor: Mohamad Anthoni
COPYRIGHT © ANTARA 2019

Let's block ads! (Why?)